Nama: Fitri Puspita Sari
NPM: 32111923
Kelas: 3 DB 08
Sistem
informasi akutansi
Definisi Sistem Informasi
Akutansi
Sistem adalah sekelompok unsur yang erat berhubungan
satu dengan lainnya yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Biasanya dibuat untuk menangani sesuatu yang berulang kali atau yang secara
rutin terjadi.
Informasi adalah data yang berguna yang diolah
sehingga dapat dijadikan sebagai dasar untuk mengambil keputusan yang tepat.
Karakteristik informasi yang realible harus memenuhi syarat relevan, tepat
waktu, akurat dan lengkap.
Sistem Informasi Akuntansi adalah sebuah sistem yang memproses data
dan transaksi guna menghasilkan informasi yang bermafaat untuk merencanakan,
mengendalikan, dan mengoperasikan bisnis.
Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang
berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi.
Fungsi penting yang dibentuk
SIA pada sebuah organisasi antara lain :
·
Mengumpulkan dan menyimpan
data tentang aktivitas dan transaksi.
·
Memproses data menjadi
informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
·
Melakukan kontrol secara
tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses
berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung
memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.
SIA terdiri dari 3
subsistem:
·
Sistem pemrosesan transaksi
mendukung proses operasi
bisnis harian.
·
Sistem buku besar/ pelaporan
keuangan
·
Sistem Penutupan dan
pembalikan. Merupakan pembalikan dan penutupan dari laporan yang dibuat dengan
jurnal pembalik dan jurnal penutup
menghasilkan laporan
keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.
Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen
memproses berbagai transaksi non-keuangan yang tidak bisa diproses oleh Sistem
Informasi Akuntansi. Bagaimana pun juga sistem informasi manajemen di
laksanakan dengan kerja bersama. Dengan mendukung semua ide dari masing-masing
group yang melakukan kerja di lapangan dan bagaimana kita memberikan semangat
yang tinggi buat karyawan.
Cara Kerja
·
Bagaimana mengoleksi data
yang berkaitan dengan aktivitas dan transaksi organisasi?
·
Bagaimana mentransformasi
data kedalam informasi sehingga manajemen dapat menggunakan untuk menjalankan
organisasi?
·
Bagaimana menjamin
ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi ?
Manfaat
·
Menyediakan informasi yang
akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value
chain secara efektif dan efisien.
·
Meningkatkan kualitas dan
mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
·
Meningkatkan efisiensi
·
Meningkatkan kemampuan dalam
pengambilan keputusan
·
Meningkatkan sharing knowledge
·
menambah efisiensi kerja
pada bagian keuangan
Komponen
Sistem Informasi Akutansi
·
Manusia adalah pelaku yang
menjalankan sistem
·
Transaksi merupakan objek
dari sistem informasi akuntansi sebagai masukan, lalu diproses sehingga
menghasilkan informasi
·
Prosedur adalah
langkah-langkah yang harus ditempuh dalam melakukan transaksi atau kegiatan
perusahaan.
·
Dokumen yaitu berupa
formulir yang digunakan sebagai sarana pencatatan pada saat transaksi
·
Peralatan adalah suatu alat
atau sarana yang digunakan dalam melakukan pencatatan pada sistem informasi
yang bersangkutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar